Nike, Inc (pron.: / naɪki ː /; NYSE: NKE) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang bergerak dalam pemasaran desain, pengembangan dan di seluruh dunia dan menjual sepatu, pakaian, peralatan, aksesoris dan jasa. Perusahaan ini berkantor pusat di dekat Beaverton, Oregon, di wilayah metropolitan Portland. Ini adalah pemasok terkemuka dunia dari sepatu atletik dan pakaian dan produsen utama SPO.
Nike,
awalnya dikenal sebagai Blue Ribbon Sports (BRS), didirikan oleh
Universitas Oregon melacak atlet Philip Knight dan pelatihnya Bill
Bowerman pada Januari 1964. Perusahaan
ini awalnya dioperasikan sebagai distributor untuk pembuat sepatu
Jepang Onitsuka Tiger (sekarang ASICS), membuat penjualan terbanyak di
trek memenuhi keluar dari mobil Knight.
Menurut Otis Davis, seorang atlet mahasiswa yang Bowerman melatih di University of Oregon, yang kemudian melanjutkan untuk memenangkan dua medali emas di Olimpiade 1960 Summer, Bowerman membuat pasangan pertama sepatu Nike untuknya, bertentangan dengan klaim bahwa mereka dibuat untuk Phil Knight. Kata Davis, "kataku Tom Brokaw bahwa saya adalah yang pertama aku tidak peduli apa yang semua miliarder katakan.. Bill Bowerman membuat sepasang sepatu pertama bagi saya. Orang-orang tidak percaya padaku. Bahkan, saya tidak seperti cara mereka merasa di kakiku. Ada tidak ada dukungan dan mereka terlalu ketat. Tapi aku melihat Bowerman membuat mereka dari besi wafel, dan mereka milikku ".
Pada tahun 1966, BRS membuka toko ritel pertama, terletak di 3107 Pico Boulevard di Santa Monica, California. Pada 1971, hubungan antara BRS dan Onitsuka Tiger sudah mendekati akhir. BRS siap untuk meluncurkan lini sendiri alas kaki, yang akan menanggung Swoosh baru dirancang oleh Carolyn Davidson Swoosh ini pertama kali digunakan oleh Nike pada 18 Juni 1971, dan telah didaftarkan dengan US Patent dan Trademark Office pada 22 Januari. , 1974 .
Pada tahun 1976, perusahaan itu menyewa John Brown and Partners, yang berbasis di Seattle, seperti biro iklan pertama. Tahun berikutnya, badan menciptakan "iklan produk" pertama untuk Nike, yang disebut "Tidak ada garis finish," di mana tidak ada produk Nike ditunjukkan. Pada tahun 1980, Nike telah mencapai pangsa pasar 50% di pasar sepatu atletik AS, dan perusahaan go public pada bulan Desember tahun itu.
Bersama-sama, Nike dan Wieden + Kennedy telah menciptakan banyak cetak dan iklan televisi, dan Wieden + Kennedy tetap biro iklan utama Nike. Itu lembaga pendiri Dan Wieden yang menciptakan slogan sekarang terkenal "Just Do It" untuk kampanye iklan Nike 1.988, yang dipilih oleh Advertising Age sebagai salah satu dari lima slogan atas iklan dari abad ke-20 dan diabadikan dalam Smithsonian Lembaga . Walt Stack adalah fitur dalam pertama Nike iklan "Just Do It", yang memulai debutnya pada tanggal 1 Juli 1988. Wieden kredit inspirasi untuk slogan untuk "Ayo kita lakukan," diucapkan kata-kata terakhir oleh Gary Gilmore sebelum ia dieksekusi .
Sepanjang tahun 1980-an, Nike memperluas lini produk untuk menjaring banyak olahraga dan wilayah di seluruh dunia. Pada tahun 1990, Nike pindah ke delapan-gedung kampus Markas nya Dunia di Beaverton, Oregon. Akuisisi
Nike telah memperoleh pakaian beberapa perusahaan alas kaki selama perjalanan sejarahnya, beberapa di antaranya telah sejak dijual. Akuisisi pertama adalah alas kaki kelas atas perusahaan Cole Haan pada tahun 1988, diikuti dengan pembelian Bauer Hockey tahun 1994. Pada tahun 2002, Nike membeli surfing pakaian perusahaan Hurley International dari pendiri Bob Hurley Pada tahun 2003, Nike membayar US $ 309 juta untuk mengakuisisi Converse, pembuat garis Chuck Taylor All-Stars sepatu kets.. Perusahaan ini diakuisisi Starter di 2004 dan Umbro, yang dikenal sebagai produsen kit Inggris Tim nasional sepak bola itu, pada tahun 2008 .
Dalam rangka untuk kembali fokus pada lini bisnis inti, Nike mulai divestasi dari beberapa anak perusahaan di tahun 2000-an. itu terjual Starter pada tahun 2007 dan Bauer Hockey tahun 2008 Perusahaan ini menjual Umbro tahun 2012,. dan Cole Haan pada tahun 2013 Pada tahun 2013, Nike memiliki dua anak kunci:.. Converse Inc dan Hurley InternationalKeuangan.
Nike memproduksi berbagai macam peralatan olahraga. Produk pertama mereka adalah sepatu lari track. Mereka saat ini juga membuat sepatu, kaus, celana pendek, baselayers, dll untuk berbagai olahraga, termasuk trek dan lapangan, bisbol, hoki es, tenis, sepak bola asosiasi (sepak bola), lacrosse, basket, dan kriket. Nike Air Max adalah garis sepatu pertama kali dirilis oleh Nike, Inc pada tahun 1987. Penambahan terbaru ke garis mereka adalah Nike 6.0, Nike NYX, dan SB sepatu Nike, yang dirancang untuk skateboard. Nike baru-baru ini memperkenalkan sepatu kriket disebut Air Zoom Yorker, dirancang untuk menjadi 30% lebih ringan dari pesaing mereka ' Pada tahun 2008, Nike memperkenalkan Air Jordan XX3, kinerja tinggi basket sepatu yang dirancang dengan lingkungan dalam pikiran..Nike menjual berbagai macam produk, termasuk sepatu dan pakaian untuk kegiatan olahraga seperti sepak bola, basket, lari, olahraga tempur, tenis, sepak bola Amerika, atletik, golf, dan pelatihan silang untuk pria, wanita, dan anak-anak. Nike juga menjual sepatu untuk kegiatan di luar ruangan seperti tenis, golf, skateboard, sepak bola, bisbol, sepak bola Amerika, bersepeda, voli, gulat, pemandu sorak, air kegiatan, balap mobil, dan menggunakan atletik dan rekreasi lainnya. Nike terkenal dan populer dalam budaya pemuda, budaya chav dan budaya hip hop untuk memasok mereka pakaian fashion perkotaan. Nike baru-baru ini bekerja sama dengan Apple Inc untuk menghasilkan produk Nike + yang memantau kinerja seorang pelari melalui perangkat radio di sepatu yang menghubungkan ke iPod nano. Sementara produk menghasilkan statistik yang berguna, telah dikritik oleh para peneliti yang mampu mengidentifikasi pengguna perangkat RFID dari 60 kaki (18 m) pergi menggunakan kecil, motes intelijen concealable dalam jaringan sensor nirkabel .Pada tahun 2004, Nike meluncurkan Program Pelatihan SPARQ / Divisi.Beberapa sepatu Nike terbaru mengandung Foam Flywire dan Lunarlite untuk mengurangi berat badan. Pada tanggal 15 Juli 2009, Nike + Sports Band dirilis di toko-toko. Produk catatan jarak lari dan kalori dikeluarkan, terus waktu, dan juga memberikan pelari program online baru mereka bisa coba jalankan.2010 Nike Pro Tempur jersey koleksi yang dikenakan oleh tim dari universitas berikut: Miami, Alabama, Boise State University, Florida, Ohio State, Oregon State University, Texas Christian University, Virginia Tech, Virginia Barat, dan Pittsburgh. Tim akan mengenakan kaus dalam Matchups utama serta setiap saat departemen atletik memandang perlu.
Markas dunia Nike dikelilingi oleh kota Beaverton, namun berada dalam tak berhubungan Washington County. Kota ini berusaha untuk paksa markas lampiran Nike, yang menyebabkan gugatan oleh Nike, dan melobi oleh perusahaan yang pada akhirnya berakhir di Oregon Senat Bill 887 tahun 2005. Dengan persyaratan bahwa RUU itu, Beaverton secara khusus dilarang paksa mencaplok tanah yang Nike dan Columbia Sportswear menempati di Washington County selama 35 tahun, sementara Industri Ilmiah Electro dan Tektronix menerima perlindungan yang sama selama 30 tahun .
Nike telah mengontrak dengan lebih dari 700 toko di seluruh dunia dan memiliki kantor yang berlokasi di 45 negara di luar Amerika Serikat. Sebagian besar pabrik yang berlokasi di Asia, termasuk Indonesia, China, Taiwan, India, Thailand, Vietnam , Pakistan, Filipina, dan Malaysia . Nike ragu-ragu untuk mengungkapkan informasi tentang perusahaan kontrak kerjanya dengan. Namun, karena kritik keras dari beberapa organisasi seperti CorpWatch, Nike telah mengungkapkan informasi tentang pabrik kontrak dalam Laporan tata kelola perusahaan.
Nike telah dikritik karena kontrak dengan pabrik-pabrik (dikenal sebagai sweatshop Nike) di negara-negara seperti Cina, Vietnam, Indonesia dan Meksiko. Vietnam Buruh Watch, sebuah kelompok aktivis, telah mendokumentasikan bahwa pabrik-pabrik dikontrak oleh Nike telah melanggar undang-undang upah minimum dan lembur di Vietnam hingga akhir tahun 1996, meskipun Nike mengklaim bahwa praktek ini telah dihentikan. Perusahaan ini telah dikenakan banyak kritis cakupan kondisi kerja sering miskin dan eksploitasi tenaga kerja luar negeri yang murah dipekerjakan di zona perdagangan bebas di mana barang-barang mereka biasanya diproduksi. Sumber untuk kritik ini termasuk buku Naomi Klein Logo ada dan Moore Michael dokumenter.Selama 1990-an, Nike menghadapi kritik untuk penggunaan pekerja anak di Kamboja dan Pakistan di pabrik-pabrik yang dikontrak untuk memproduksi bola sepak. Meskipun Nike mengambil tindakan untuk mengekang atau setidaknya mengurangi praktek, mereka terus kontrak produksi mereka kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di daerah-daerah di mana peraturan yang tidak memadai dan pemantauan membuat sulit untuk memastikan bahwa pekerja anak tidak digunakan .
Pada tahun 2001, sebuah film dokumenter BBC menemukan kejadian pekerja anak dan kondisi kerja yang buruk di pabrik Kamboja digunakan oleh Nike. Film dokumenter difokuskan pada enam gadis, yang semuanya bekerja tujuh hari seminggu, sering 16 jam sehari.
Kampanye telah diambil oleh banyak perguruan tinggi dan universitas, khususnya anti-globalisasi kelompok, serta beberapa anti-sweatshop kelompok seperti Siswa Bangsa Menentang Sweatshops.
Pada Juli 2011, Nike menyatakan bahwa dua-pertiga dari pabrik yang memproduksi produk Converse masih tidak memenuhi standar perusahaan untuk pengobatan pekerja. Sebuah Juli 2011 Artikel Associated Press menyatakan bahwa karyawan di pabrik perusahaan di Indonesia melaporkan pelecehan konstan dari supervisor.
Menurut Planet lingkungan New England organisasi berbasis Air-Cool Clean, jajaran Nike di antara tiga perusahaan atas (dari 56) dalam survei yang ramah iklim perusahaan. Nike juga telah dipuji karena programnya Grind Nike (yang menutup siklus hidup produk) oleh kelompok-kelompok seperti Hitungan Iklim. Salah satu kampanye yang Nike mulai untuk Hari Bumi 2008 adalah sebuah iklan yang menampilkan bintang basket Steve Nash mengenakan Sampah Bicara Nike Sepatu, yang telah dibangun pada bulan Februari 2008 dari potongan kulit dan limbah kulit sintetis dari lantai pabrik. Sepatu Bicara Sampah juga menampilkan satunya terdiri dari tanah-up karet dari program daur ulang sepatu. Nike mengklaim ini adalah basket sepatu kinerja pertama yang telah dibuat dari limbah manufaktur, tetapi hanya diproduksi 5.000 pasang untuk dijual.
Proyek lain Nike telah mulai disebut Nike Reuse-A Sepatu-program. Program ini, dimulai pada tahun 1993, adalah program Nike terpanjang yang menguntungkan baik lingkungan dan masyarakat dengan mengumpulkan sepatu atletik tua jenis apa pun untuk memproses dan mendaur ulang mereka. Bahan yang dihasilkan kemudian digunakan untuk membantu menciptakan permukaan olahraga seperti lapangan basket, lintasan lari, dan bermain.
Sebuah proyek melalui University of North Carolina di Chapel Hill menemukan pekerja yang terkena isosianat dan bahan kimia beracun lainnya di pabrik-pabrik sepatu di Thailand. Selain terhirup, paparan kulit adalah masalah terbesar ditemukan. Hal ini bisa mengakibatkan reaksi alergi termasuk reaksi asma.
Nike mempromosikan produknya dengan perjanjian sponsorship dengan atlet selebriti, tim profesional dan tim perguruan tinggi atletik.
Pada tahun 1982, Nike ditayangkan iklan televisi nasional pertama, yang diciptakan oleh biro iklan yang baru terbentuk Wieden + Kennedy (W + K), selama siaran dari New York Marathon. Festival Periklanan Cannes telah bernama Nike Pengiklan of the Year pada tahun 1994 dan 2003, sehingga perusahaan pertama yang menerima kehormatan itu dua kali.
Nike juga telah menerima penghargaan Emmy untuk komersial terbaik dua kali sejak penghargaan pertama kali dibuat pada 1990-an. Yang pertama adalah untuk "The Morning After," lihat apa yang satir pelari mungkin dihadapi pada pagi hari tanggal 1 Januari 2000 jika setiap prediksi mengerikan tentang masalah Y2K datang ke hasil. Yang kedua adalah untuk tempat 2002 bernama "Pindah," yang menampilkan serangkaian atlet terkenal dan sehari-hari dalam berbagai kegiatan atletik.
Nike dikritik karena penggunaan dari "Revolusi" lagu Beatles dalam 1987 komersial terhadap keinginan Apple Records, perusahaan rekaman The Beatles '. Nike membayar US $ 250.000 untuk Capitol Records Inc, yang memegang hak lisensi Amerika Utara untuk rekaman, untuk hak untuk menggunakan rendition The Beatles 'selama satu tahun.Apple menggugat Nike Inc, Capitol Records Inc, EMI Records Inc dan Wieden + Kennedy sebesar $ 15 juta. Capitol-EMI membalas dengan mengatakan gugatan itu "tidak berdasar" karena Capitol telah memberikan lisensi penggunaan "Revolusi" dengan "aktif dukungan dan dorongan dari Yoko Ono Lennon, pemegang saham dan direktur Apple."Nike ditayangkan iklan dihentikan menampilkan "Revolusi" pada Maret 1988. Yoko Ono kemudian memberi izin untuk Nike untuk menggunakan "Instant Karma" John Lennon dalam iklan lain.
Pada akhir Juni 2005, Nike menerima kritik dari Ian MacKaye, pemilik Dischord Records, gitaris / vokalis untuk Fugazi dan The Evens, dan pria depan Ancaman band punk mati Minor, untuk appropriating citra dan teks dari 1981 Minor Threat yang self-titled album cover art dalam selebaran mempromosikan 2.005 Nike Skateboarding Timur tour demo Coast.
Pada tanggal 27 Juni, situs Nike Skateboarding itu mengeluarkan permintaan maaf kepada Dischord, Minor Threat, dan penggemar dari kedua dan mengumumkan bahwa mereka telah mencoba untuk menghapus dan membuang semua selebaran. Mereka menyatakan bahwa orang-orang yang merancang itu adalah pemain skateboard dan penggemar Minor Threat sendiri yang menciptakan iklan keluar dari rasa hormat dan apresiasi terhadap band. Sengketa itu akhirnya diselesaikan di luar pengadilan antara Nike dan Minor Threat.
Sebagai bagian dari kampanye 6.0, Nike memperkenalkan jajaran baru dari T-shirt yang mencakup frase seperti "Dope", "Dapatkan Tinggi" dan "Pipe Ride" - istilah olahraga yang juga merupakan makna ganda untuk penggunaan narkoba. Boston Thomas Menino Walikota menyatakan keberatan kepada kemeja setelah melihat mereka dalam tampilan jendela di Niketown kota dan meminta toko untuk menghapus layar. "Apa yang tidak kita butuhkan adalah sebuah perusahaan besar seperti Nike, yang mencoba untuk menarik generasi muda, di luar sana memberikan kepercayaan kepada masalah narkoba," kata Menino The Boston Herald. Seorang pejabat perusahaan menyatakan kemeja itu dimaksudkan untuk memberi penghormatan kepada olahraga ekstrim, dan bahwa Nike tidak membenarkan penggunaan ilegal obat-obatan. Nike dipaksa untuk menggantikan garis kemeja.
Nike membayar atlet top dalam banyak olahraga untuk menggunakan produk mereka dan mempromosikan dan mengiklankan teknologi mereka dan desain.
Endorser atlet profesional pertama Nike adalah petenis Romania Ilie Nastase. Para endorser lagu pertama adalah pelari jarak jauh Steve Prefontaine. Prefontaine adalah murid berharga dari co-pendiri perusahaan, Bill Bowerman, sementara ia melatih di University of Oregon. Hari ini, Steve Prefontaine Gedung ini dinamai untuk menghormatinya di kantor pusat Nike.
Nike juga telah mensponsori track sukses banyak lainnya dan atlet lapangan selama bertahun-tahun, seperti Carl Lewis, Jackie Joyner-Kersee dan Sebastian Coe. Penandatanganan pemain basket Michael Jordan pada tahun 1984, dengan promosi berikutnya nya Nike selama karirnya, dengan Spike Lee sebagai Mars Blackmon, terbukti menjadi salah satu terbesar mendongkrak publisitas Nike dan penjualan.
Nike adalah sponsor kit resmi untuk tim kriket India selama lima tahun, dari tahun 2006 sampai akhir tahun 2010.
Nike adalah sponsor utama dari program atletik di Penn State University dan menamai anak pertama fasilitas perawatan setelah Joe Paterno ketika dibuka pada tahun 1990 di kantor pusat perusahaan. Nike awalnya mengumumkan tidak akan menghapus nama itu dari Paterno bangunan di tengah skandal pelecehan seks Negara Penn. Setelah Laporan Freeh dirilis pada tanggal 12 Juli 2012, Nike CEO Mark Parker mengumumkan nama Joe Paterno akan segera dihapus dari pusat perkembangan anak. Sebuah nama baru belum diumumkan.
Nike juga mensponsori pemain sepak bola seperti Ronaldo, Cristiano Ronaldo, Didier Drogba, Zlatan Ibrahimovic, Mario Balotelli, Wesley Sneijder, Wayne Rooney, Landon Donovan antara lain.
Pada tanggal 21 Februari 2013, Nike mengumumkan menghentikan kontrak dengan Oscar Pistorius, karena dituduh pembunuhan berencana. Nya
Nike memproduksi dan menyediakan seragam kit untuk berbagai tim di seluruh dunia. Beberapa klub yang paling penting dan asosiasi disponsori oleh perusahaan adalah:
NFL (all teams uniforms)
Origins and history
Menurut Otis Davis, seorang atlet mahasiswa yang Bowerman melatih di University of Oregon, yang kemudian melanjutkan untuk memenangkan dua medali emas di Olimpiade 1960 Summer, Bowerman membuat pasangan pertama sepatu Nike untuknya, bertentangan dengan klaim bahwa mereka dibuat untuk Phil Knight. Kata Davis, "kataku Tom Brokaw bahwa saya adalah yang pertama aku tidak peduli apa yang semua miliarder katakan.. Bill Bowerman membuat sepasang sepatu pertama bagi saya. Orang-orang tidak percaya padaku. Bahkan, saya tidak seperti cara mereka merasa di kakiku. Ada tidak ada dukungan dan mereka terlalu ketat. Tapi aku melihat Bowerman membuat mereka dari besi wafel, dan mereka milikku ".
Pada tahun 1966, BRS membuka toko ritel pertama, terletak di 3107 Pico Boulevard di Santa Monica, California. Pada 1971, hubungan antara BRS dan Onitsuka Tiger sudah mendekati akhir. BRS siap untuk meluncurkan lini sendiri alas kaki, yang akan menanggung Swoosh baru dirancang oleh Carolyn Davidson Swoosh ini pertama kali digunakan oleh Nike pada 18 Juni 1971, dan telah didaftarkan dengan US Patent dan Trademark Office pada 22 Januari. , 1974 .
Pada tahun 1976, perusahaan itu menyewa John Brown and Partners, yang berbasis di Seattle, seperti biro iklan pertama. Tahun berikutnya, badan menciptakan "iklan produk" pertama untuk Nike, yang disebut "Tidak ada garis finish," di mana tidak ada produk Nike ditunjukkan. Pada tahun 1980, Nike telah mencapai pangsa pasar 50% di pasar sepatu atletik AS, dan perusahaan go public pada bulan Desember tahun itu.
Bersama-sama, Nike dan Wieden + Kennedy telah menciptakan banyak cetak dan iklan televisi, dan Wieden + Kennedy tetap biro iklan utama Nike. Itu lembaga pendiri Dan Wieden yang menciptakan slogan sekarang terkenal "Just Do It" untuk kampanye iklan Nike 1.988, yang dipilih oleh Advertising Age sebagai salah satu dari lima slogan atas iklan dari abad ke-20 dan diabadikan dalam Smithsonian Lembaga . Walt Stack adalah fitur dalam pertama Nike iklan "Just Do It", yang memulai debutnya pada tanggal 1 Juli 1988. Wieden kredit inspirasi untuk slogan untuk "Ayo kita lakukan," diucapkan kata-kata terakhir oleh Gary Gilmore sebelum ia dieksekusi .
Sepanjang tahun 1980-an, Nike memperluas lini produk untuk menjaring banyak olahraga dan wilayah di seluruh dunia. Pada tahun 1990, Nike pindah ke delapan-gedung kampus Markas nya Dunia di Beaverton, Oregon. Akuisisi
Nike telah memperoleh pakaian beberapa perusahaan alas kaki selama perjalanan sejarahnya, beberapa di antaranya telah sejak dijual. Akuisisi pertama adalah alas kaki kelas atas perusahaan Cole Haan pada tahun 1988, diikuti dengan pembelian Bauer Hockey tahun 1994. Pada tahun 2002, Nike membeli surfing pakaian perusahaan Hurley International dari pendiri Bob Hurley Pada tahun 2003, Nike membayar US $ 309 juta untuk mengakuisisi Converse, pembuat garis Chuck Taylor All-Stars sepatu kets.. Perusahaan ini diakuisisi Starter di 2004 dan Umbro, yang dikenal sebagai produsen kit Inggris Tim nasional sepak bola itu, pada tahun 2008 .
Dalam rangka untuk kembali fokus pada lini bisnis inti, Nike mulai divestasi dari beberapa anak perusahaan di tahun 2000-an. itu terjual Starter pada tahun 2007 dan Bauer Hockey tahun 2008 Perusahaan ini menjual Umbro tahun 2012,. dan Cole Haan pada tahun 2013 Pada tahun 2013, Nike memiliki dua anak kunci:.. Converse Inc dan Hurley InternationalKeuangan.
Products
Nike memproduksi berbagai macam peralatan olahraga. Produk pertama mereka adalah sepatu lari track. Mereka saat ini juga membuat sepatu, kaus, celana pendek, baselayers, dll untuk berbagai olahraga, termasuk trek dan lapangan, bisbol, hoki es, tenis, sepak bola asosiasi (sepak bola), lacrosse, basket, dan kriket. Nike Air Max adalah garis sepatu pertama kali dirilis oleh Nike, Inc pada tahun 1987. Penambahan terbaru ke garis mereka adalah Nike 6.0, Nike NYX, dan SB sepatu Nike, yang dirancang untuk skateboard. Nike baru-baru ini memperkenalkan sepatu kriket disebut Air Zoom Yorker, dirancang untuk menjadi 30% lebih ringan dari pesaing mereka ' Pada tahun 2008, Nike memperkenalkan Air Jordan XX3, kinerja tinggi basket sepatu yang dirancang dengan lingkungan dalam pikiran..Nike menjual berbagai macam produk, termasuk sepatu dan pakaian untuk kegiatan olahraga seperti sepak bola, basket, lari, olahraga tempur, tenis, sepak bola Amerika, atletik, golf, dan pelatihan silang untuk pria, wanita, dan anak-anak. Nike juga menjual sepatu untuk kegiatan di luar ruangan seperti tenis, golf, skateboard, sepak bola, bisbol, sepak bola Amerika, bersepeda, voli, gulat, pemandu sorak, air kegiatan, balap mobil, dan menggunakan atletik dan rekreasi lainnya. Nike terkenal dan populer dalam budaya pemuda, budaya chav dan budaya hip hop untuk memasok mereka pakaian fashion perkotaan. Nike baru-baru ini bekerja sama dengan Apple Inc untuk menghasilkan produk Nike + yang memantau kinerja seorang pelari melalui perangkat radio di sepatu yang menghubungkan ke iPod nano. Sementara produk menghasilkan statistik yang berguna, telah dikritik oleh para peneliti yang mampu mengidentifikasi pengguna perangkat RFID dari 60 kaki (18 m) pergi menggunakan kecil, motes intelijen concealable dalam jaringan sensor nirkabel .Pada tahun 2004, Nike meluncurkan Program Pelatihan SPARQ / Divisi.Beberapa sepatu Nike terbaru mengandung Foam Flywire dan Lunarlite untuk mengurangi berat badan. Pada tanggal 15 Juli 2009, Nike + Sports Band dirilis di toko-toko. Produk catatan jarak lari dan kalori dikeluarkan, terus waktu, dan juga memberikan pelari program online baru mereka bisa coba jalankan.2010 Nike Pro Tempur jersey koleksi yang dikenakan oleh tim dari universitas berikut: Miami, Alabama, Boise State University, Florida, Ohio State, Oregon State University, Texas Christian University, Virginia Tech, Virginia Barat, dan Pittsburgh. Tim akan mengenakan kaus dalam Matchups utama serta setiap saat departemen atletik memandang perlu.
Markas dunia Nike dikelilingi oleh kota Beaverton, namun berada dalam tak berhubungan Washington County. Kota ini berusaha untuk paksa markas lampiran Nike, yang menyebabkan gugatan oleh Nike, dan melobi oleh perusahaan yang pada akhirnya berakhir di Oregon Senat Bill 887 tahun 2005. Dengan persyaratan bahwa RUU itu, Beaverton secara khusus dilarang paksa mencaplok tanah yang Nike dan Columbia Sportswear menempati di Washington County selama 35 tahun, sementara Industri Ilmiah Electro dan Tektronix menerima perlindungan yang sama selama 30 tahun .
Nike telah mengontrak dengan lebih dari 700 toko di seluruh dunia dan memiliki kantor yang berlokasi di 45 negara di luar Amerika Serikat. Sebagian besar pabrik yang berlokasi di Asia, termasuk Indonesia, China, Taiwan, India, Thailand, Vietnam , Pakistan, Filipina, dan Malaysia . Nike ragu-ragu untuk mengungkapkan informasi tentang perusahaan kontrak kerjanya dengan. Namun, karena kritik keras dari beberapa organisasi seperti CorpWatch, Nike telah mengungkapkan informasi tentang pabrik kontrak dalam Laporan tata kelola perusahaan.
Nike telah dikritik karena kontrak dengan pabrik-pabrik (dikenal sebagai sweatshop Nike) di negara-negara seperti Cina, Vietnam, Indonesia dan Meksiko. Vietnam Buruh Watch, sebuah kelompok aktivis, telah mendokumentasikan bahwa pabrik-pabrik dikontrak oleh Nike telah melanggar undang-undang upah minimum dan lembur di Vietnam hingga akhir tahun 1996, meskipun Nike mengklaim bahwa praktek ini telah dihentikan. Perusahaan ini telah dikenakan banyak kritis cakupan kondisi kerja sering miskin dan eksploitasi tenaga kerja luar negeri yang murah dipekerjakan di zona perdagangan bebas di mana barang-barang mereka biasanya diproduksi. Sumber untuk kritik ini termasuk buku Naomi Klein Logo ada dan Moore Michael dokumenter.Selama 1990-an, Nike menghadapi kritik untuk penggunaan pekerja anak di Kamboja dan Pakistan di pabrik-pabrik yang dikontrak untuk memproduksi bola sepak. Meskipun Nike mengambil tindakan untuk mengekang atau setidaknya mengurangi praktek, mereka terus kontrak produksi mereka kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di daerah-daerah di mana peraturan yang tidak memadai dan pemantauan membuat sulit untuk memastikan bahwa pekerja anak tidak digunakan .
Pada tahun 2001, sebuah film dokumenter BBC menemukan kejadian pekerja anak dan kondisi kerja yang buruk di pabrik Kamboja digunakan oleh Nike. Film dokumenter difokuskan pada enam gadis, yang semuanya bekerja tujuh hari seminggu, sering 16 jam sehari.
Kampanye telah diambil oleh banyak perguruan tinggi dan universitas, khususnya anti-globalisasi kelompok, serta beberapa anti-sweatshop kelompok seperti Siswa Bangsa Menentang Sweatshops.
Pada Juli 2011, Nike menyatakan bahwa dua-pertiga dari pabrik yang memproduksi produk Converse masih tidak memenuhi standar perusahaan untuk pengobatan pekerja. Sebuah Juli 2011 Artikel Associated Press menyatakan bahwa karyawan di pabrik perusahaan di Indonesia melaporkan pelecehan konstan dari supervisor.
Menurut Planet lingkungan New England organisasi berbasis Air-Cool Clean, jajaran Nike di antara tiga perusahaan atas (dari 56) dalam survei yang ramah iklim perusahaan. Nike juga telah dipuji karena programnya Grind Nike (yang menutup siklus hidup produk) oleh kelompok-kelompok seperti Hitungan Iklim. Salah satu kampanye yang Nike mulai untuk Hari Bumi 2008 adalah sebuah iklan yang menampilkan bintang basket Steve Nash mengenakan Sampah Bicara Nike Sepatu, yang telah dibangun pada bulan Februari 2008 dari potongan kulit dan limbah kulit sintetis dari lantai pabrik. Sepatu Bicara Sampah juga menampilkan satunya terdiri dari tanah-up karet dari program daur ulang sepatu. Nike mengklaim ini adalah basket sepatu kinerja pertama yang telah dibuat dari limbah manufaktur, tetapi hanya diproduksi 5.000 pasang untuk dijual.
Proyek lain Nike telah mulai disebut Nike Reuse-A Sepatu-program. Program ini, dimulai pada tahun 1993, adalah program Nike terpanjang yang menguntungkan baik lingkungan dan masyarakat dengan mengumpulkan sepatu atletik tua jenis apa pun untuk memproses dan mendaur ulang mereka. Bahan yang dihasilkan kemudian digunakan untuk membantu menciptakan permukaan olahraga seperti lapangan basket, lintasan lari, dan bermain.
Sebuah proyek melalui University of North Carolina di Chapel Hill menemukan pekerja yang terkena isosianat dan bahan kimia beracun lainnya di pabrik-pabrik sepatu di Thailand. Selain terhirup, paparan kulit adalah masalah terbesar ditemukan. Hal ini bisa mengakibatkan reaksi alergi termasuk reaksi asma.
Nike mempromosikan produknya dengan perjanjian sponsorship dengan atlet selebriti, tim profesional dan tim perguruan tinggi atletik.
Pada tahun 1982, Nike ditayangkan iklan televisi nasional pertama, yang diciptakan oleh biro iklan yang baru terbentuk Wieden + Kennedy (W + K), selama siaran dari New York Marathon. Festival Periklanan Cannes telah bernama Nike Pengiklan of the Year pada tahun 1994 dan 2003, sehingga perusahaan pertama yang menerima kehormatan itu dua kali.
Nike juga telah menerima penghargaan Emmy untuk komersial terbaik dua kali sejak penghargaan pertama kali dibuat pada 1990-an. Yang pertama adalah untuk "The Morning After," lihat apa yang satir pelari mungkin dihadapi pada pagi hari tanggal 1 Januari 2000 jika setiap prediksi mengerikan tentang masalah Y2K datang ke hasil. Yang kedua adalah untuk tempat 2002 bernama "Pindah," yang menampilkan serangkaian atlet terkenal dan sehari-hari dalam berbagai kegiatan atletik.
Nike dikritik karena penggunaan dari "Revolusi" lagu Beatles dalam 1987 komersial terhadap keinginan Apple Records, perusahaan rekaman The Beatles '. Nike membayar US $ 250.000 untuk Capitol Records Inc, yang memegang hak lisensi Amerika Utara untuk rekaman, untuk hak untuk menggunakan rendition The Beatles 'selama satu tahun.Apple menggugat Nike Inc, Capitol Records Inc, EMI Records Inc dan Wieden + Kennedy sebesar $ 15 juta. Capitol-EMI membalas dengan mengatakan gugatan itu "tidak berdasar" karena Capitol telah memberikan lisensi penggunaan "Revolusi" dengan "aktif dukungan dan dorongan dari Yoko Ono Lennon, pemegang saham dan direktur Apple."Nike ditayangkan iklan dihentikan menampilkan "Revolusi" pada Maret 1988. Yoko Ono kemudian memberi izin untuk Nike untuk menggunakan "Instant Karma" John Lennon dalam iklan lain.
Pada akhir Juni 2005, Nike menerima kritik dari Ian MacKaye, pemilik Dischord Records, gitaris / vokalis untuk Fugazi dan The Evens, dan pria depan Ancaman band punk mati Minor, untuk appropriating citra dan teks dari 1981 Minor Threat yang self-titled album cover art dalam selebaran mempromosikan 2.005 Nike Skateboarding Timur tour demo Coast.
Pada tanggal 27 Juni, situs Nike Skateboarding itu mengeluarkan permintaan maaf kepada Dischord, Minor Threat, dan penggemar dari kedua dan mengumumkan bahwa mereka telah mencoba untuk menghapus dan membuang semua selebaran. Mereka menyatakan bahwa orang-orang yang merancang itu adalah pemain skateboard dan penggemar Minor Threat sendiri yang menciptakan iklan keluar dari rasa hormat dan apresiasi terhadap band. Sengketa itu akhirnya diselesaikan di luar pengadilan antara Nike dan Minor Threat.
Sebagai bagian dari kampanye 6.0, Nike memperkenalkan jajaran baru dari T-shirt yang mencakup frase seperti "Dope", "Dapatkan Tinggi" dan "Pipe Ride" - istilah olahraga yang juga merupakan makna ganda untuk penggunaan narkoba. Boston Thomas Menino Walikota menyatakan keberatan kepada kemeja setelah melihat mereka dalam tampilan jendela di Niketown kota dan meminta toko untuk menghapus layar. "Apa yang tidak kita butuhkan adalah sebuah perusahaan besar seperti Nike, yang mencoba untuk menarik generasi muda, di luar sana memberikan kepercayaan kepada masalah narkoba," kata Menino The Boston Herald. Seorang pejabat perusahaan menyatakan kemeja itu dimaksudkan untuk memberi penghormatan kepada olahraga ekstrim, dan bahwa Nike tidak membenarkan penggunaan ilegal obat-obatan. Nike dipaksa untuk menggantikan garis kemeja.
Nike membayar atlet top dalam banyak olahraga untuk menggunakan produk mereka dan mempromosikan dan mengiklankan teknologi mereka dan desain.
Endorser atlet profesional pertama Nike adalah petenis Romania Ilie Nastase. Para endorser lagu pertama adalah pelari jarak jauh Steve Prefontaine. Prefontaine adalah murid berharga dari co-pendiri perusahaan, Bill Bowerman, sementara ia melatih di University of Oregon. Hari ini, Steve Prefontaine Gedung ini dinamai untuk menghormatinya di kantor pusat Nike.
Nike juga telah mensponsori track sukses banyak lainnya dan atlet lapangan selama bertahun-tahun, seperti Carl Lewis, Jackie Joyner-Kersee dan Sebastian Coe. Penandatanganan pemain basket Michael Jordan pada tahun 1984, dengan promosi berikutnya nya Nike selama karirnya, dengan Spike Lee sebagai Mars Blackmon, terbukti menjadi salah satu terbesar mendongkrak publisitas Nike dan penjualan.
Nike adalah sponsor kit resmi untuk tim kriket India selama lima tahun, dari tahun 2006 sampai akhir tahun 2010.
Nike juga mensponsori pemain sepak bola seperti Ronaldo, Cristiano Ronaldo, Didier Drogba, Zlatan Ibrahimovic, Mario Balotelli, Wesley Sneijder, Wayne Rooney, Landon Donovan antara lain.
Pada tanggal 21 Februari 2013, Nike mengumumkan menghentikan kontrak dengan Oscar Pistorius, karena dituduh pembunuhan berencana. Nya
Nike memproduksi dan menyediakan seragam kit untuk berbagai tim di seluruh dunia. Beberapa klub yang paling penting dan asosiasi disponsori oleh perusahaan adalah:
American football
Football (clubs)
Football (national teams)
Football (associations)
Super League - All teams uniforms
Premier League – Official Tournament ball
Coupe de France – Official Tournament ball
Serie A – Official Tournament ball
La Liga – Official Tournament ball
CONMEBOL – Official Tournament ball



0 komentar:
Posting Komentar